Jenis Jenis Daging Sapi

Bila bunda adalah ibu rumah tangga yang sering memasak, tentunya bunda ingin memasak yang istimewa, bunda dapat membuat menu dengan bahan utama daging sapi, namun apakah anda sudah tau apa saja bagain bagian daging sapi yang biasa di masak, untuk itu kami akan berikan 18 jenis daging sapi yang wajib di ketahui oleh bunda.

  1. Daging Iga Sapi (Rib). Bagian daging ini adalah bagian bagian daging sapi yang berasal di sekitar tulang rusuk, salah satu masakan yang dapat anda buat dari Rib adalah rawon iga.
  2. Daging Sapi Paha Depan (Chuk). Bagian daging ini berasal dari paha depan sapi, masakan yang biasa di buat dari Chuk adalah bakso sapi.
  3. Has Luar (Sirloin). Bagian daging sapi ini adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian bawah daging iga, masakan yang cocok untuk Sirloin adalah steak.
  4. Has Dalam (Terderloin). Merupakan bagian daging sapi bagian tengah, daging sapi ini terdiri dari otot otot utama di sekitar bagian tulang belakang sapi, diantara bahu dan tulang punggung, daging ini adalah bagian daging yang paling lunak, karena bagian ini jarang di pakai beraktifitas oleh sapi.
  5. Tanjung (Rump) bagian daging sapi ini adalah daging dari bagian punggung belakang, paling enak di jadikan sebagai menu rendang daging yang istimewa.
  6. Lamosir. Adalah bagian daging sapi yang berada di antara has dalam, has luar dan tanjung, bagian daging ini banyak mengandung butir butir lemak, sehingga daging ini termasuk daging yang lunak.
  7. T Bone adalah bagian dari tulang sapi yang sekitarnyta terdapat daging sapi, tulang ini membentuk tulisan T, sehingga di sebut sebagai T Bone.
  8. Ekor Sapi (Ox Tail). Sering di sebut sebagai buntut sapi, sangat tepat di jadikan sebagai menu sop buntut yang segar dan gurih.
  9. Lidah sapi (Ox Tounge). Daging sapi ini adalah jenis dari lidah sapi yang bercitarasa kenyal dan gurih, paling enak di jadikan sebagai bistik lidah sapi yang gurih.
  10. Sengkel (Shank). Bagian ini berasal dari bagian depan atas kaki sapi, paling tepat untuk masakan seperti tongseng daging sapi.
  11. Sandung lamur (Brisket). Bagian ini berasala dari bagian dada bawah, bagian daging ini sangat berlemak, paling tepat di jadikan sebagai masakan rawon yang enak.
  12. Jeroan Sapi. Bagian ini adalah bagian yang berasal dari bagian dalam sapi, bagian yang termasuk jeroan adalah usus, limpa dan babat, masakan yang dapat anda coba dari jeroan sapi adalah coto makassar. 
  13. Hati Sapi, menu masakan yang terbuat dari hati sapi diantaranya adalah sambal goreng hati sapi yang gurih.
  14. Kaki sapi. Bagian kaki sapi biasanya di buat sebagai masakan dasar untuk masakan asia.
  15. Kulit sapi, merupakan bagian paling lur dari daging sapi yang biasaya sering di gunakan sebagai kerupuk rambak yang banyak di suka.
  16. Tetelan Sapi. Tetelan adalah merupakan sisa daging yang melekat pada tulang, bagian ini merupakan campuran dari daging urat, lemak dan sebagianya. Biasanya di buat sebagai sup daging kacang merah.
  17. Kikil sapi. Kikil adalah tulang rawan yang di ambil dari bagian kaki sapi, biasanya sering di gunakan sebagai lontong kikil yang enak.
  18. Knuckle, adalah bagian sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas di atara penutup dan gandik, paling tepat di gunakan sebagai menu panggang.