Tips Mengukus Sayuran Yang Tepat

Tips Mudah Mengukus Sayuran Yang Tepat. Mengukus sayuran sekarang ini merupakan hal yang wajib di lakukan bila anda ingin memulai hidup sehat, terlebih anda yang sedang menjalankan program diet, mengukus sayuran sangatlah penting, hal ini karena sayuran yang di masak tanpa menggunakan minyak sayur akan lebih sehat.


Namun tahukah anda bagaimana caranya mengukus sayuran yang baik dan benar, sehingga nutrisi yang terdapat di dalam sayuran tidak akan hilang karena waktu yang terlalu lama dalam mengukus, berikut ini cara yang benar dalam mengukus sayuran agar kandungan vitaminnya tetap terjaga.

  • Siapkan panci, lalu masak air dengan api besar dan usahakan saat memasukkan sayuran ketika dandang sudah mendidih dan mengeluarkan banyak uap panas.
  •  Untuk air di panci kukusan jangan terlalu banyak, agar air tidak menyentuk sayuran saat di masak, hal ini agar sayuran hanya matang melalu uap saja, dan tidak terkena air dandang.
  • Untuk potongan sayur, usahakan memotong sayur dengan ukuran yang seragam, bila ingin cepat matang, usahakan untuk memotong kecil sayuran.
  • Beri selang waktu pada jenis sayuran yang berbeda, misalnya sayuran brokoli lebih cepat matang daripada sayuran wortel, untuk itu masukkan wortel terlebih dulu, setelah hampir matang, baru masukkan brokoli.
  • Setelah di masukkan ke dalam dandand,kecilkan api menjadi api sedang, sehingga sayuran matang sempurna.
  • Sayuran biasanya hanya memerlukan beberapamenit untuk matang, misalnya saja bayam hanya butuh waktu 3 menit, sama dengan kacang polong, lalu brokoli, kembang kol dan buncis, membutuhkan waktu 5-7 menit, sementara sayuran yang lebih keras misalnya wortel ataupun kentang, butuh waktu 8-20 menit.
Yang terpenting setiap 3 menit, cek sayuran apa sudah matang, sehingga sayuran matang sempurna dan tidak terlalu matang, sehingga nutrisinya tetap terjaga.