Resep Cara Membuat Carangmas Renyah

Carangmas merupakan kue tradisional yang terbuat dari ubi jalar, namun juga bisa kok ubi jalar diganti dengan singkong atau juga disebut ubi kayu. Cara pembuatan kue carangmas sendiri sebenarnya cukup mudah namun harus telaten saat membuatnya. Carangmas rasanya sangat manis dan renyah dan bisa dijadikan bisnis untuk dijual perbuah dengan menggunakan plastik.


Bahan membuat carangmas :
  • 1/2 kg ubi jalar, kemudian pasrah atau parut bentuk korek api
  • minyak untuk menggoreng
  • 200 gram gula merah, iris iris halus 
  • air secukupnya untuk merendam ubi
Cara membuat carangmas :
  1. Pertama yang harus kita lakukan dalam membuat kue carangmas ini adalah  Kita rendam potongan ubi dalam air selama kurang lebih 25 menit.
  2. Setelah 25 menit tiriskan ubi dan panaskan minyak (gunakan api sedang) kemudian goreng ubi tersebut hingga berwarna ke emasan.
  3. Kemudian kita kecilkan api dan masukkan gula merah dan aduk hingga gula merah menempel dan leleh pada ubi tersebut. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan nampan (tempeh) yang dialasi dengan kertas roti, kemudian sendoki adonan dan bentuk bulat dan lakukan hingga semua gorengan ubi habis.
  5. Biarkan hingga dingin setelah itu simpan dalam toples kedap udara.
Demikian cara membuat carangmas yang renyah dan enak, anda dapat membuat menggunakan ubi jalar, namun bisa diganti dengan singkong atau ubi kayu. Selamat mencoba.